Namidairo (WIP1)

Di tengah kesibukan sehari-hari, akhirnya saya sempat memulai melukis lagi. Kali ini saya kembali ke pangkuan YUI. Kangen euy😛

Referensinya saya ambil dari cover single Namidairo.
namidairo-ref

Saya memutuskan memakai kertas ukuran A3 untuk lukisan kali ini. Karena ukuran media lebih besar dari referensi, untuk membuat sketsa awal yang akurat dan semirip mungkin dengan referensinya, saya memakai teknik counter-grid method untuk membuat sketsa awal. Counter-grid ini mirip dengan metode grid, hanya saja garis bantu yang digunakan tidak horizontal-vertikal, tetapi diagonal.

Hasilnya seperti ini :
Step 1 - Eyes (1)
Ups, blitz kameranya terlalu terang. Mohon maaf saya memakai kamera untuk mengabadikan tiap langkah dalam proses pengerjaan lukisan ini. Demi efisiensi aja, kalau tiap langkah harus discan repot juga.

Back to my paper..

Pada tahap ini saya langsung menggambar detil pada bagian mata. Saya selalu memulai dari bagian mata karena pada lukisan wajah, bagian itu sangat menentukan mirip tidaknya lukisan dengan referensinya.

Step 1 - Eyes (2)

Step 1 - Eyes (3)

Step 1 - Eyes (4)

Perhatikan foto referensinya. Terlihat garis-garis diagonal kan? Itulah yang disebut dengan counter-grid.

Pada tahap pertama ini, pensil yang saya gunakan antara lain :
– pensil F untuk membuat garis counter-grid
– pensil 3H untuk membuat sketsa awal
– pensil 2B, 4B dan 7B untuk menghitamkan mata, bulu mata, dan alis mata
– pensil B untuk mengarsir kulit di sekitar mata.

Oke, tahap pertama ini saya cukupkan sampai di sini. Lukisan ini akan saya teruskan hingga selesai, dan langkah-langkah berikutnya akan saya posting lagi di sini.

Sampai jumpa.