YUI #7 (The Making Of)

Kali ini saya ingin menampilkan proses pembuatan lukisan YUI #7 (baca entry YUI).

Pertama, saya mencari referensi. Saya memilih referensi ini (klik untuk melihat foto referensi) karena saya sangat terkesan dengan film Taiyou no Uta yang dibintangi oleh YUI. Jadi saya ingin menampilkan YUI sebagai Amane Kaoru dalam film itu.

  1. Langkah pertama, membuat sketsa awal. Pada langkah pertama ini saya membuat sketsa bentuk kepala, wajah, tangan, rambut. Nggak usah terlalu detil, yang penting saya tahu di mana letak-letaknya. Kalau diperhatikan, foto referensinya nggak menampilkan bagian belakang kepala (terpotong sampai bagian belakang headphone). Tapi saya ingin menampilkan keseluruhan kepala YUI hingga rambutnya yang tergerai di belakang sehingga saya tambahkan sendiri. Tentu saja saya nggak asal menambahkan, dikira-kira aja bagusnya gimana.

  2. Langkah berikutnya adalah memberi detil pada fitur wajah. Banyak pelukis wajah yang bilang bahwa bagian terpenting dalam melukis wajah adalah mata. Jika mata pada lukisan kita nggak mirip dengan aslinya, maka bisa jadi keseluruhan lukisan kita akan menjadi tidak mirip pula. Jadi saya menggambar mata dan bagian wajah lainnya seperti hidung dan bibir.
  3. Setelah bagian-bagian wajah sempurna, barulah saya membuat arsiran pada wajah. Saya biasa memulai dari bagian yang paling gelap, pada gambar ini adalah bagian di bawah dagu. Nggak harus seperti itu sih, bahkan seharusnya dalam mengarsir itu lebih baik dimulai dari arsiran tipis, baru setelah itu makin gelap secara bertahap.
  4. Setelah itu, saya mulai mengerjakan bagian rambut. Walaupun rambut pada foto referensi berwarna hitam, ada baiknya tidak mengarsir dengan membabi buta. Ikuti saja bentuk helaian rambutnya. Oya, agar hitamnya lebih gelap, gunakan pensil grade 4B ke atas untuk menggambar bagian ini. Pada tahap ini saya juga memberi detil pada headphone.
  5. Voila!… selesai.
  6. YUI #7

Saya tahu ini penjelasan saya ini kurang jelas ya.. tapi yah mudah-mudahan ada manfaatnya😀 .