Gambar Lama

Karena kesibukan saya mengerjakan skripsi, saya belum bisa meluangkan waktu untuk menggambar lagi. Sementara itu, saya posting gambar-gambar lama saya.

Sebenarnya saya sudah suka menggambar sejak kecil. Waktu kecil saya senang menggambar kendaraan, terutama bis. Hobi menggambar ini terus berlanjut hingga SMA. Saat itu saya suka sekali menggambar pesawat dan robot-robot mecha dari film animasi Jepang (anime).

Setelah lulus SMA, saya jarang sekali menyentuh pensil dan kertas gambar lagi, hingga kira-kira setahun yang lalu. Berawal dari kegemaran saya akan musik Jepang, anime, komik Jepang (manga), dan film drama Jepang (dorama), saya bergabung di forum indoanime, yaitu forum pecinta Jejepangan. Di forum tersebut terdapat ruang khusus untuk mewadahi kreativitas member-nya dalam hal corat-coret. Di sana banyak member yang berbakat dan itu memotivasi saya untuk kembali menggambar. Dan pada tahun 2007 saya mulai menggambar lagi.

Ini beberapa hasil karya awal saya..

Alessandro Del Piero

Alessandro Del Piero

Kedua gambar di atas adalah waktu saya masih SMA. Waktu itu ada tugas seni lukis, disuruh nggambar wajah, dari depan, samping, serong, dst. Ya sudah saya gambar aja pemain sepakbola idola saya😛 .

Gambar-gambar saya lagi :

Schaft J-9 Griffon

Macross VF-1 Valkyrie

Bruce (Finding Nemo)

Nah, setelah mencoba corat-coret iseng untuk membiasakan lagi memegang pensil, saya kemudian mencoba menggambar wajah dengan menggunakan foto sebagai referensi. Berikut ini hasil karya saya di awal-awal waktu saya menggambar lagi.

YUKI

Yup, bagi yang suka musik Jepang pasti tidak asing lagi dengan band Judy and Mary. Mereka adalah band Jepang yang paling saya suka. Daya tarik band ini tak lain adalah vokal Yuki yang sangat khas (para maniak anime pasti tahu lagu Sobakasu yang jadi OST dari Rurouni Kenshin kan?). Nah, saya ingin menggambar Yuki sebagai ungkapan kekaguman saya.

Dengan menggunakan foto referensi di atas, saya menggambar YUKI. Hasilnya, sangat jauh berbeda dengan foto referensinya, sebagai berikut :

YUKI

Tidak ada alasan khusus untuk membuat gambar YUKI yang berbeda dari aslinya. Hanya ingin bersenang-senang setelah lama tidak menggambar lagi. Itu saja alasannya.

Media : kertas karton A4, pensil HB, 2B, 3B, 4B
Waktu pengerjaan : 26 Mei 2007, selama 6 jam

Misaki Itou

Ah, sebetulnya saya malu memajang gambar aktris Jepang yang satu ini. Soalnya gambar ini bisa dikategorikan sebagai karya gagal. Anyway..

Foto referensi yang saya pakai :

Hasilnya :

Misaki Itou

Media : kertas HVS A4, pensil 2B, 3B, 4B
Waktu pengerjaan : 27 Mei 2007, selama 5 jam

Younha

Penyanyi muda berbakat dari Korea.

Foto referensinya :

Hasilnya :

Younha

Untuk gambar ini saya lupa tools yang saya pakai apa saja dan butuh berapa lama untuk mengerjakannya.