Alat Gambar

Banyak yang menanyakan pada saya alat-alat apa saja yang saya gunakan untuk menggambar. Sebetulnya saya hanya menggunakan peralatan biasa. Alat-alat yang biasanya saya gunakan antara lain :

Kertas
Dulu saya menggunakan kertas dari sketchbook biasa. Sketchbook ini mudah dicari, cukup datang ke toko alat tulis dan bilang aja “ada sketchbook?“, maka anda sudah bisa mendapatkannya. Keuntungan memakai kertas ini adalah nggak repot, harus bawa-bawa lembaran kertas. Kekurangannya, tekstur permukaan kertas ini kasar. Akibatnya, sulit sekali untuk mengarsir dan melakukan blending pada arsirannya. Kalaupun bisa, arsirannya nggak akan halus dan terlihat sekali butiran-butiran grafit dari pensilnya.

Setelah nanya sana-sini dan bereksperimen sendiri, akhirnya saya menemukan kertas yang cocok. Namanya kertas Canson. Kertas ini bisa dibeli di toko buku besar, di bagian art supply. Biasanya dijual dalam bentuk lembaran (per 10 lembar) atau dalam bentuk sketchbook. Harganya relatif terjangkau, untuk ukuran A3 per 10 lembar, harganya sekitar Rp. 10000-15000 saja. Oya, saya memakai kertas yang khusus untuk pencil drawing, karena kertas Canson ini menyediakan kertas jenis lain yaitu untuk cat air. Sebetulnya pakai kertas untuk watercolor juga bisa, tapi gunakan sisi belakang kertasnya (sisi yang permukaannya halus).

Kelebihan kertas ini adalah tekstur permukaannya lembut, cocok sekali dengan pensil. Alhasil, membuat arsiran pun jadi lebih mudah. Kekurangannya, karena kelembutan teksturnya tadi, kertas ini jadi mudah kotor. Jadi hati-hati saja menggunakannya, sebisa mungkin jangan sentuh permukaannya dengan tangan supaya tak terkotori oleh minyak dari permukaan kulit kita. Jadi saya merekomendasikan kertas ini.

Sebetulnya, jenis kertas yang dipakai ini tergantung pada si artisnya sendiri, dia lebih suka pakai kertas apa. Jadi nggak harus kertas merek tertentu atau gimana, ya seenak pemakainya aja. Yang jelas jangan pernah pakai kertas HVS biasa (yang biasa dipakai untuk fotokopi itu lho), soalnya saya sudah berkali-kali nyoba nggambar di kertas itu.. betul-betul kacau. Kertas itu nggak mau diajak ngarsir, arsiran pensil saya jadi belepotan ke mana-mana, dan parahnya.. sulit dihapus pula!

Pensil
Saya memakai dua jenis pensil, yang pertama pensil biasa (clutch) dari kayu itu, dan yang kedua pensil mekanik. Clutch pencil yang saya pakai adalah merek Faber Castell. Range-nya dari 3H, H, HB, B, 2B, hingga 8B. Sementara saya memakai dua jenis pensil mekanik, yaitu ukuran 0,5 mm dan 0,7 mm. Keduanya 2B.


Lagi-lagi, merek pensil yang sebaiknya anda pakai tergantung selera anda sendiri. Yang penting, jangan gunakan hanya satu jenis (misalnya HB saja). Minimal gunakan dua jenis, yang satu terang yang satu gelap. HB dan 2B adalah pilihan yang bagus.

Penghapus
Saya memakai emm.. 3 jenis penghapus.

Yang pertama, penghapus biasa (bentuknya kotak). Saya menggunakan merek Boxy dan Faber Castell.

Yang kedua, namanya Kneaded Eraser. Penghapus ini unik karena bentuknya seperti lilin tanah liat yang bisa dibentuk-bentuk dengan tangan. Saya suka penghapus ini karena selain enak dipakai, daya hapusnya juga tinggi, tapi nggak mengotori kertas.

Yang ketiga, eraser pen. Bentuknya panjang seperti pensil. Sangat mudah menghapus daerah yang kecil. Saya membeli penghapus ini seharga Rp.15.000 sudah termasuk refill-nya. Kalau penghapusnya sudah habis, anda bisa membeli refill-nya saja di toko-toko buku.

Sebetulnya saya punya satu penghapus lagi, saya menyebutnya Anti-slip Eraser. Merek Faber Castell. Bentuknya macam-macam, ada segitiga, elips, lingkaran, dll. Sesuai namanya, penghapus ini mantap sekali digenggam, tapi mantap pula daya hapusnya, sampai-sampai merusak permukaan kertas :D . Makanya saya jarang memakai penghapus ini.

Alat-Alat Lain
Selain tiga peralatan utama di atas, saya menggunakan tools lain seperti rautan pensil, tisu, dan cotton bud. Selain itu, biasanya saya juga menyediakan perangkat hiburan lain seperti cemilan, minuman ringan, dan lagu-lagu yang biasanya saya sesuaikan dengan objek yang saya lukis.

Untuk referensi lain mengenai peralatan yang diperlukan untuk membuat lukisan pensil, silahkan ke website milik Brian Duey ini :
http://www.dueysdrawings.com/drawing_tools.html

178 gagasan untuk “Alat Gambar

  1. waaaaahpensilnya banyak….
    padahal modalku cuma:
    satu buah pensil mekanik 2b (sekarang dah ada dua tapi aku bisa pke satu…2-2nya 2b)
    satu buah pecil HB..
    satu buak pencil EE–staedtler
    penggaris
    ma satu penghapus…
    plus papan gambar ukuran a4..(katane namane si meja berjalan)
    aduh aku pkenya kertas HVS biasa …. merek GOLD 80gr…
    klo yang 70gr merek apapun memang ga baik buat menggambar….
    aku biasane pke yang 80 gr…

  2. @ riuusa :

    Wah punya pensil EE.. Kereeeen..
    Sebenernya dua jenis pensil aja udah cukup kok, 2B sama HB atau H atau B.

    Masalah kertas, emang tergantung selera masing2. Kalo aku sendiri, karena gaya nggambarku “strong” alias menekan pensil kuat2 waktu mengarsir, aku nggak suka pake kertas yang terlalu tipis, bisa2 tembus atau malah sobek.

  3. mau nanya: klo kneaded eraser itu bisa dibeli dimana ya? gramedia gtu ada ga? trus harga nya kira2 berkisar brp?


  4. @ Damar :
    Mas Damar, kneaded eraser itu bisa anda beli di toko buku, atau kalo mau lebih pasti, coba cari di toko alat seni.

    Di Gramedia ada juga kok. Coba lihat di bagian “art supply” (satu tempat sama kanvas, cat air, pensil warna), jangan di bagian alat tulis. Kalo di Gramedia adanya merk “Derwent”, coba cari biasanya ada satu counter khusus untuk “Derwent”, yang menyediakan berbagai jenis pensil, tortillon, dan penghapus. Warna penghapusnya biru.

    Selamat mencari..

  5. wah……pensilnya tuh obralan gax?? ^^

    Mau nanya, eraser pen tu dibeli dimana?? kalo dibeli tanpa refill yaah??

  6. Hahahahaha.. gak diobral tuh. Malah mau beli lagi nih.

    Eraser pen waktu itu aku beli di Gramedia (tapi minggu kemarin aku cek ke sana udah nggak ada). Waktu beli gak dpt refillnya, harus beli refill sendiri. Tp di dalam eraser pen yang dibeli itu udah ada satu batang penghapusnya, jadi bisa langsung digunakan.

  7. haluuu semua…salam kenal, ikutan nimbrung yak.
    sy juga lagi belajar gambar pake pensil…huhuhu menarik…
    humm… pengennya pake pengen bisa belajar pake cat air juga,,,cuman berhubung sy buta warna….jadi harus cukup puas dengan hitam putih sajah ^_^ wakakakak

    Tanpa bermaksud menyinggung, ternyata ada hikmahnya juga saya menekuni lukisan hitam putih, yaitu bisa dinikmati semua orang, termasuk yang buta warna.

    sy mah pake 2 pensil
    8B faber castle yang clutch (baru tau namanya clutch)
    2B faber castle juga yang mekanik diameter 2 mm (pengennya cari refill yang 4B tapi susah nyari refillnya )

    Iya, memang sulit banget nyari refill pensil mekanik selain 2B. Saya juga punya pensil mekanik 0.7, itu juga susah banget nyari refillnya.

    penghapusnya sy pake merk sakura….bagus bgt penghapusnya, keknya ampir mirip sama yang kneaded eraser itu da, cuman kalo yang sy ga sekenyal itu…heuehuehu…
    waktu itu pernah mo coba beli penghapus yg model kneaded eraser itu tapi masi bingung fungsinya buat apa…jadi dari pada ntar disangka sotoy mendingan ga beli dulu deh ^_^.

  8. oia waktu itu sy pernah maen ke pasaraya blok M, lantai 6 klo ga salah, di situ ada yang jual alat alat buat gambar, lukis lengkap bgt (tapi tetep isi pensil mekanik diameter 2mm yang 4B mah ga ada)…
    sy domisili di bandung, susah bgt nyari toko yang jual begituan, pAlingan di balubur.

    Saya dulu kuliah di Bandung kok. Dan cukup gampang nyari peralatan lukis. Asal tau aja nyarinya di mana.

    Coba cari di Toko Hidayat, di jalan Rangga Gading. Dari Balubur ke arah BEC, trus di pertigaan Jl. Ranggamalela belok kiri. Atau dari Jl. Dago, di seberang Superindo (KFC) ada pertigaan, masuk aja ke situ. Trus cari deh Toko Hidayat. Letaknya persis di sebelah Universitas Bandung Raya (Unbar).

    Atau, coba ke Toko Tidar. Alamatnya di Jl. Sabang, daerah Cihapit. Tau toko BABE (Barang Bekas) Jl. RE Martadinata? Nah, deket2 situ deh. Kalo dari arah BIP, sebelum BABE ada perempatan, belok kanan. Tanya-tanya deh di situ. Pasti ketemu.

    Met hunting.

  9. wahh. . . .

    Mz Ne Pzti Plukis Pro Y, , , ,

    Dh Thu Smwa Rhzia Alat2nya n GmBr Nya Realistz Bgt

    Jd Iri Bgt Ne!!!!

    Mkn Pa Y, Koq CrDaz Bgt Tu Klo GmbRnya ? ??

    He. . . he. . . he. . . ^_^

  10. wa ikut nimbrung juga ya…

    wa jg lagi belajar gambar sketsa,sebenernya sih dah dari smp wa suka gambar sketsa cuma baru bisa sampe outline aja soanya pas mau ngasih arsirnya wa ga bisa,ga ngerti jenis2 arsiran,

    oh iya wa juga minta tips wat ngegambar anatomi,wa pengan ngegambar wajah cwe wa tapi takut jelek tar malah di marahin,hehehe n_n

  11. Justru itu mas Doel.. seharusnya nekat aja nggambar wajah cewenya.. justru bisa buat kelinci percobaan tuh.. toh kalo hasilnya jelek cewemu sendiri ini, hehehe..

  12. Saya biasa pake cotton bud untuk blending arsiran pensilnya. Selain cotton bud, bisa pake tisu, kain, atau tortillon. Tergantung selera aja.

  13. Bagaimana cara menghapus tulisan (karbon) pada kertas nota/kwitansi/slip?

  14. mas feb , mau tanya , itu saya ngarsir di kertas , pake ukuran pensil 4h , tapi tep aj kliatan ngak halus , tep kliatan garis2 + a.n.e.h .. bingung cara ngarsir yg bener it gmana ..
    >__<

    ada metode lain selain grid ngak mas ?

    btw thanx b4 ya mas ~

  15. mas sejak kapan mulai melukis,saya suka juga melukis tpi blum mahi amat,gua jga gunain 3 pencil 2b dan HB saya udah banyak bikin lukisan tpi blum sempuna banget,ya bagi saya paling susa gambar hidung ma tangan nya,

    mas pa ada lagi cara meng arsir untuk pemula?

  16. @ Nugraha :
    Wah saya susah ngasih komentar kalo nggak lihat hasilnya kayak gimana. Yang jelas kalo pensilnya runcing, ngarsirnya jangan pake cara “writing” (posisi tangan seperti sedang menulis), tapi ujung pensilnya agak dimiringkan.

    Metode lain selain grid banyak, silahkan baca tutorial saya tentang Membuat Sketsa Yang Akurat.

    @ wawan :
    Kalo nggambar sih udah suka sejak kecil, nggambar di kertas maupun di tembok rumah, hehehe. Tapi kalo melukis baru mulai sekitar Oktober 2007.

    Cara mengarsir ya? Hmm.. intinya sih banyak2 nggambar. Nantinya jadi terbiasa dan nemuin cara sendiri yang pas untuk mengarsir. Percaya atau tidak, karakter goresan pensil tiap orang dalam menggambar itu terasa berbeda lho. Dan itu didapat dari latihan yang panjang.

  17. wah lengkap banget mas alatnya, saya paling cuma pake kertas sketch biasa sama pensil H dan 2B kalau kebanyakan sering ilang pensilnya hehe, Oya saya kemarin br mencoba bikin sketch dari YUI tp hasilnya emang gak sekeren punya mas, nanti saya upload ke blog saya dan mas bisa liat, ya speak2 sbgai salam perkenalan dari saya. Mungkin mas bisa melihat ke blog saya 3 / 4 hari lagi karena belum d scan.

    Wah tahun 2007 baru mulai sekarang sudah keren banget karyanya coba saya rajin berlatihnya pasti bisa juga seperti mas. Kalo inget2 dulu paling sebulan sekali latihannya.

  18. Mas jual crayon caran dache eceran gak. kebetulan crayonku yang habis cuma yang berwarna hijau muda dan kuning. Mau beli satu pak kan sayang, krn warna yang lain masih utuh. Kalo ada aku datang deh ke toko mas. beri alamatnya ya.

  19. @ pauline :
    Wah saya nggak jualan alat gambar tuh, hehehe.

    @ shakti :
    Kalo di Surabaya saya kurang tahu. Coba search di google atau yellow pages aja.

  20. kk pensil nya banyak amat?
    buset….hahaha…kalo gw mah gambar pensil pake charcoal jg cukup koq….hahaha…pensil warna dewrent yg studio yg 36 warna teh biasa nya harganya brp si gan?

  21. thanks mas informasinya saya akan coba,selama ini saya pake pensil 2-b hasil kurang memuaskan,saya mau coba pake konte cuma`bingung nyarinya ga ketemu2..bisa bantu ga mas…

  22. boleh nanya gak/ harga kanvas dan cat minyak atau alat-alat lainny.

  23. Pensilnya murah kok, satu batangnya nggak sampe 5000 rupiah. Di toko buku atau toko alat tulis pasti ada.

  24. sy mau nanya, dimana bisa membeli alat alat gambar on line seperti screen tone, crayon kering dll?

  25. aa.,
    saya mau tnya stlah kita buat sketsa kn
    yg lebih bae kita garap untuk di prjelas warnanya tu daerah pa ya? slanjutnya pa?
    krna smpai skrang saya msih bingung..daerah pa yg prtama saya pertebal..?
    oh iya..
    untuk menbri efek byangan sprti d daerah byangan hidung.,saya slalu mnggunakan arsiran tipis lalu di usapkan dgn kapas halus…
    tpi saya pngen blajar lngsung mnggunakan arsiran dgn rata.,ada tidak buku yg mnrangkan cara” arsiran??

    thanks ya a.,,

  26. aa,

    saya jg pngen bljar tntang..mlukis kedaan kota dgn pensil..
    da tidak blog yg mnerangkan cara”nya..??

    makasi a,,

  27. Gak ada aturan bakunya Bos. Tergantung situ nyamannya gimana. Kalo saya, setelah sketsa bikin detil matanya. Setelah itu hidung dan mulut. Baru deh keseluruhan wajah.

    Buku tentang mengarsir banyak Bos, tapi buku luar semua. Saya belum pernah nemu buku terbitan lokal yang membahas tentang melukis dengan pensil.

  28. kalo pengarang lokal yang ngebahas teknik pensil coba cari bukunya Veri aprianto, disana ada teknik2 arsiran dan lain2

  29. hai hai hai kalian lolololo bisa saja nyoret nyoret tapi ngapain kalian pake yang lain, yang mudah didapat alat gambarnya, kualitasnya juga diakui, banyak ko ditoko. ayo semuah cobain faber-castell, kalian pasti tau karya kalian akan lebih mencerminkan pribadi kalian. selamat mencoba dan terus berkarya. saya tunggu mailong

  30. Buat siapa aja yg memerlukan alat cara cepat dan akurat membuat sketsa wjah. Sy menjual alatnya.ya itu PHANTOGRAPH.hbungi sy d no hp 085294987456 Buat mas febri sy tgu respon krjasamanya. Thank.

  31. wakh.. kneaded eraser..n semprot pa tu lg namanya Fixatives? tapi di makassar kayaknya gak ada deh blom pernah liat . bisa pesan ma Febri gak?ataukah mungkin ada blogger laen yang ingin menawarkan jasanya?

  32. Coba hubungi toko ARTeMEDIA dengan alamat :

    CV. ARTeMEDIA HIDAYAT INDONESIA
    Jl. Sultan Iskandar Muda 16D
    Arteri Pondok Indah
    Jakarta Selatan, 12310
    Telp. (021)7265543
    email : arteri@bdg.centrin.net.id

    Silahkan coba tanya siapa tahu bisa pesan di sana.

  33. bang febri,mulai gambar kaya gitu sejak kapan?
    oia bang febri kalo nyimpen kneaded nya gimana? kan lengket2 tuh..
    oia dulu di bandung kuliah dimana? senirupa ITB yah??
    saya rencana mau masuk seni rupa ITB nih biar makin jago kayak bang febri hehehehe doakan yah..

  34. Kalo suka nggambar sih sejak kecil. Tapi mulai serius belajar menggambar sejak tahun 2007 yang lalu.

    Iya nih, lengket2 gini. Saya simpen di dalam kotak pensil bareng2 temen2 pensilnya yang lain, hehehe. Kayaknya kalo sering dipake, lengketnya agak berkurang deh. Kalo pas baru2 beli memang lengket.

    Saya memang lulusan ITB, tapi bukan dari seni rupa. Kalo kamu memang minat dan suka sama dunia nggambar2, masuk seni rupa memang pilihan yang tepat. Semoga sukses ya! :)

  35. amin amin ya rabal alamin..
    mas bedanya pake drawing pen sama pensil apa sih?
    oia kalo ngewarnain sketsa biasanya pake apa sih?

  36. Drawing pen ya jelas berbeda dengan pensil. Drawing pen memakai tinta yang tidak dapat dihapus. Biasa dipakai oleh arsitek atau engineer untuk menggambar teknik. Ukuran mata penanya bermacam-macam tapi rata-rata sangat kecil untuk menghasilkan garis yang presisi. Tau merk Rotring kan? Itu termasuk salah satu jenis drawing pen. Gambar contoh-contoh drawing pen dapat dilihat di sini.

    Mewarnai sketch bisa pake apa aja. Mau secara tradisional/manual atau digital? Kalo manual bisa pake pensil warna atau cat air. Kalo digital bisa pake software grafis apapun (Adobe Photoshop atau Corel Painter yang umum dipakai). Tapi kalo mau diwarnai secara digital, sketsanya harus di-scan dulu :)

  37. ohh gitu…
    soalnya temen saya bilang “kalo pake drawing pen bisa, kalo pensil ga bisa gue” makanya saya jadi bingung… belom pernah pake drawing pen soalnya… bukannya enakan pensil yah mas bisa diapus? hehe

    kalo photoshop ada tutorial dasarnya gak ya mas? soalnya saya masih buta banget photoshopnya dan scannernya masih nabung hehe..
    kalo mas febri pake photoshop warnainnya pake fill color/color bucket gitu atau gimana?

  38. Yah… tergantung artist-nya sendiri sih lebih nyaman pake media apa. Masalah selera kok.

    Tutorial photoshop bisa kamu tanyakan ke mbah google.

    Nggak pake fill, tapi pake brush.

  39. mas pernah pake blend stumps ga? kalo ga salah nama lainnya dusel.. yang buat ngeblending itu…
    nah bedanya make itu sama cotton bud/tissue gimana yah?

  40. Yang aku tau malah tortillon tuh. Aku baru beli kemarin, tapi belum pernah dipakai. Dibanding cotton bud/tissue, sebenernya fungsinya sama aja buat blending, yang membedakan hanya bahannya. Tortillon dari kertas yang digulung-gulung, cotton bud dari kapas, tissue dari kertas juga. Tergantung selera sih.

    Kalo stump belum pernah tau. Itu apa sama kyk tortillon atau beda?

  41. kayaknya sih sama deh mas… bentuknya yang kayak pensil warna putih itu…
    hasilnya sama apa beda blendingannya mas?

    oia kunjungi deviant art saya ya mas di bhasblao.deviantart.com
    butuh kritik dan saran hehehe makasih ya mas

  42. mas nyimpen pensil nya dimana? saya pake kotak pensil biasa udah ga muat gitu… ada yg namanya pensil wrapper kalo ga salah td liat di gramed pondok indah harganya mahal banget merk derwent.. ada kotak alumunium gitu bagus tapi harus beli sekalian sama pensilnya merk derwent ratusan ribu..

  43. Di kotak biasa juga kok, bekas tempat drawing pen, hehehe. Ada gambarnya di foto paling atas halaman ini. Pensil wrapper-nya berapaan harganya?

  44. 116ribu mas mahal juga. saya kan pelajar beli pensil aja minta orang tua pas diliat total harganya pas beli pensil sama marker jd ga enak sama orang tua tapi katanya gpp hehehe

  45. Haii…
    salam kenal untuk semuanya…
    Kebetulan pas mau cari “Toko alat melukis,”
    ketemu alamat blog ini..

    Saya mau tanya, apa ada yang tau informasi dimana tempat yang jual alat2 melukis??
    Tapi yg saya maksud, alat melukis yang menjurus ke arah professional
    Ini untuk kebutuhan kantor saya,
    karena bos saya arsitek dan dy sedang mencari alat2 ini.
    Saya kurang jelas juga alat apa yang diinginkan, spesifikasi dll nya…
    tpi yg pasti, dy minta dicarikan toko yang lengkap untuk seorang professional…

    Tolong infonya ya…
    makasiii…..

  46. mbak Gracia domisili di mana? Kalau di Jakarta Selatan, coba ke Toko Artemedia, alamatnya:
    CV. ARTeMEDIA HIDAYAT INDONESIA
    Jl. Sultan Iskandar Muda 16D
    Arteri Pondok Indah
    Jakarta Selatan, 12310
    Telp. (021)7265543
    email : arteri@bdg.centrin.net.id

    di Jl. Fatmawati juga ada namanya Toko Prapatan, letaknya tepat di sebrangnya Pizza Hut.

    Kalau mbah tinggal di Jakarta Timur, coba ke Toko Prapatan di Jatinegara.

    Semoga membantu.

  47. mas febri saya kan barusan belajar melukis hitam putih. cm saya ngelihat punya orang2 nggak cm pakai pensil, ada alat lukis yang digunakan buat nebelin gambar, biasanya pada rambut, atau pada sisi-sisi yg gelap, sehingga warnanya keliatan hitam banget. seperti crayon, cm teksturnya lbh lembut klo dikertas. saya sndiri blom tau jenis dan bentuk alatnya kaya apa, soalnya saya hanya melihat lukisan punya tetangga saya yang katanya dibeli dengan harga yg lumayan, barangkali mas febri bisa ngasih referensi buat saya. oh iya mas klo mas febri tau nama alatnya, apakah hasilnya bisa dihapus kaya kita melukis pakai pensil? gitu aja mas, sebelumnya saya ucapkan trmksh banyak. salam kenal dr saya, budi

  48. biasanx.,.,.,tinta hitam tuk nebelin.,.,.,selain pencil lukis hitam outih itu apa??

  49. @ budi :
    Dari deskripsi mas Budi, mungkin alat yang dimaksud adalah pensil charcoal. Saya sendiri juga belum pernah mencoba memakai pensil charcoal ini. Jadi nggak bisa memberikan penjelasan yang lengkap. Coba saja search di google, Mas.

    @ bryant:
    Untuk menggambar sebenarnya nggak ada batasan memakai alat apa. Mau pakai apa aja bisa kok, nggak harus tinta atau pensil. Bahkan saya pernah melihat sendiri seorang pelukis membuat sketsa dengan memakai korek api.

  50. saya pernah liat d tmn bungkul tuck kykx.,.,da media hitam.,.,yg bs d korek2 tuk mlukis/../.tuch.,.,.kira2 apa mas.,.,???

  51. mas feb, sya mau tny.. klo msalnya kita pake tortillon untuk ngeblend, cara ngebersihin ujung tortillonnya gmna? krn sya pernah lihat ada orng yg pake tknik dusel dng soft pastel,, tpi alat yg dipakai untk blending lebih mirip kayak pensil kayu yg gag ada grafitnya… waktu itu sih dia ngebersihinnya dngan cara menyilet/memotong ujungnya yg kotor,, apakah sama bila kita menggunakan tortillon?? dan klo boleh tau alat yg mirip pensil kayu itu apa ya namanya?

  52. mas feb,, sya mau nanya, klo kita memakai soft pastel untk memberi warna, kan pasti hrus menggunakan alat blending spt tortillon,, lalu jika ujung tortillon itu sudah kotor dan kita ingin menggunakan warna yg lain pada soft pastel (yg btknya mirip bedak), bgaimana cara membersihkannya?? krn sya prnh melihat orng yg menggunakan soft pastel, tetapi dia menggunakan alat yg mirip pensil kayu tetapi d bgian tengahnya tdk ada grafitnya… dan untuk membersihkannya, dia menyilet/memotong ujung yg kotor… apa hal yg sama jga dilakukan jika kita memakai tortillon??
    lalu apa nama alat yg digunakan oleh orang tsb untuk blending?? trma kasih..

  53. @ bryant :
    Wah apa itu ya, gak tau juga saya.. Mungkin charcoal..

    @ bing :
    Setahu saya, tortillon itu untuk sekali pakai, jadi kalo sudah kotor ya pake yang baru lagi. Tapi ada juga yang meraut kedua ujung tortillonnya sehingga masih bisa dipakai lagi jika kotor. Kalo yang alat mirip kayu itu kurang tahu juga saya.

  54. waahhh….
    pensilnya banyak banget,,,
    aq tertarik sama alat2 itu nyari nya susah gak???
    aq butuh informasi lebih banyak neh!!!
    thank bwt informasi yg tadi

  55. Gampang kok, di toko buku-toko buku besar pasti ada. Kalo mau yang lebih pasti sih di toko alat seni. Dijamin lengkap.

  56. mas alhamdulilah saya keterima di fakultas seni rupa desain ITB.
    berkat sering2 main ke sini juga nih heehehehe makasih mas feb..
    ditunggu karya2 yg lebih anyar lagi

  57. Waaaaaahhhh… selamaaaatt!!!!
    Selamat selamat selamaaaaatttt!!!!
    Wah keren2.. welcome to the club, bro! :D
    Nanti gantian nih saya yang minta ilmunya, hehehe.

  58. MAS FEB…SEBELUM NYA LAM KENAL,,,INI MAS AKU MAU TANYA,KONTE PASIR BELI NYA DI MANA YAA KALO DI JAKARTA,,,,ABIS WAKTU ITU AKU KE GRAMEDIA,AKU TANYA DI SANA PEGAWAI NYA GA TAU KONTE PASIR,,,HE HE HE,,,AKU KAN JADI BINGUNG MAU TANYA SIAPA LAGI…?

  59. waaah klo ga baca blog ini ga tau ada yg nama’a eraser pen (hihi.. kampungannya daku ini O_o# )… tp susah nyri’a, ahir’a aku potong pghapus yg aga keras trus aku masukan ke bks spidol, diraut pelan”… jd deeeh !!! klo krg runcing tinggal diamplas (trlihat repot haha..) tp bikin highlights n negative rambut ga stress lagi..Makasi mas tuk Inspirasinya hehe ^_^

  60. @ Abib :
    Wah saya malah baru dengar tuh ada yang namanya konte pasir. Kalo pensil konte saya tahu, tapi konte pasir? Maaf nggak bisa bantu, hehehe.

    @ Nurul :
    Wah justru anda sangat kreatif lho, mampu mengatasi keterbatasan alat dengan membuat sendiri. Boleh juga idenya, kapan-kapan akan saya coba jika eraser pen saya sudah habis, hehehe.

  61. hihi jd malu dibilang kreatip.. klo kt org sunda mah bakat mas.. bakat ku butuh hehe…
    oia mas, mo nanya.. hal” apa aja yg menentukan mirip ngga’a gambar dgn model/referensi’a..cos klo liat gmbr karikatur kan gambar’a “awut2an” tp ko kt bisa tau itu gbr siapa..klo ada tulisannya minta link’a yaa..^^

    (moga bisa mbantu)
    @abib> konte pasir? bubuk pastelkah? klo ia coba cari di toko” model kit.. biasa’a dipake buat weathering gundam… tp klo bukan ya maap..

  62. @ Nurul :
    Kalo menurut saya sih, wajah tiap orang itu ada ciri khasnya masing-masing. Entah matanya, hidungnya, bibirnya, atau rambutnya. Begitupun di karikatur. Karikatur itu kan gambaran wajah seseorang secara “hiperbolis” (berlebihan), tapi tentu saja tetap dalam pakem atau berdasarkan referensinya. Sebagai contoh, jika kita mau menggambar karikatur mbah Surip, tentu saja yang paling khas adalah rambutnya yang gimbal itu. Walaupun wajahnya nanti kurang mirip, asalkan rambut gimbalnya dan gitarnya yg khas itu ditonjolkan, orang-orang pasti tau kalo itu adalah mbah Surip.

    Makanya sebelum melukis wajah seseorang, ambillah waktu sejenak untuk mengamati, kira-kira ciri khas apa yang dimiliki oleh si pemilik wajah. Apakah matanya sipit atau besar, hidungnya mancung atau pesek, bibirnya tebal atau tipis, dll. Lihatlah foto-foto sang model dalam berbagai pose lainnya dan jika memungkinkan amati wajah aslinya (bukan dari foto). Semoga membantu.

    Trims atas komentarnya. Semoga bisa membantu mas Abib ya ^^

  63. @ Amdal :
    Coba cari di toko alat seni atau toko alat gambar. Biasanya di toko2 tersebut dijual peralatan lukis yang lengkap, jauh lebih lengkap daripada toko buku yang paling besar pun :)

  64. kalo kertas canson itu.. saya beli yang sketch/drawing pad..
    itu bener gak sih? maslahnya kok permukaanya kasar yaa?
    ato yang bener pastel pad?

  65. Mw nanya donk..
    Itu katanya kn pke krtas canson drawing pencil.. Jd saya udah beli canson yg judulny sketch/drawing pad..
    Tapi permukaannya kasar banget… Gak tau susah ato gak.. Yang jelas kasaaar bgt.. Yg anda pake apa namanya?
    Ada yang pastel pad tapi saya gak tau itu apaan… Gimana nih udah terlanjur beli yang 100lembar lagi..

  66. Yang saya pakai adalah Canson Aquarel alias yang untuk cat air. Satu sisinya kasar tapi sisi belakangnya halus. Saya gunakan sisi halusnya. Kalo boleh tau, kertas anda bagian belakang halus atau sama-sama kasar?

  67. Mas, alat tuk meratakan arsiran pensil atau menipiskin arsiran….biasanya pakai alat apa ya??

  68. wah wah, saya biasanya malah pakai kertas hvs 40 gram. tapi bagus juga (hehe gara-gara ego kali bilang gini, ahahahahhaa)

    btw, nice blog dude!!

    saya sempat melihat orang yang bikin gambar pake pensil, pensilnya itu cuma satu jenis: staedtler ukuran EE. hasilnya keren. katanya, yang penting tekanan goresannya. itu yang ngebedain dan bikin adanya gradasi warna.

    nah, anda kan pake banyak pensil tuh. boleh tau engga fungsi tiap pensil tuh apa aja?(atau jangan2 saya kurang ngobrak-ngabrik blog anda ini buat cari tulisan anda soal beginian, ahahahah)

    thx before

  69. kalau kertas import yang ukuran 110 X 80 atau lebih lebar dari itu dimana ya nyarinya?, sy pernah denger merk durex dari jerman, selain memproduksi alat kontrasepsi, ktnya punya produk kertas juga yg kekuatannya bisa ratusan tahun…
    saya butuh utk menulis manuskrip, mohon infonya
    makasih
    ADUN, Bekasi

  70. Selamat sore, mas Febri…
    saya boleh tanya? kalau cari alat2 gambar di jakarta di mana ya?
    saya lagai butuh: alat2 seperti: – Pencil Charcoal 4B,6B,HB
    ~ Kneaded Rubber Eraser Extra Large, Weber Castello Charcoal 3pk…masih banya lagi :( saya udah cari ke sana kemari di Jakarta belum ketemu… oh ya, Terimakasih mas sebelumnya.
    ~naomi

  71. saat ini saya masih sma kls XII.. bentar lgi saya ingin kuliah ambil jurusan pendidikan seni rupa…ingin sekali mendalami bidang ini..
    tapi saya gambar/nglukis itu masih niru” gambar laen dan belum bisa buat lukisan/gambar ngarang sendiri…

    gimna ya klau saya masih pemula gini?????

  72. terima kasih udah share ttg alat2 gambar yg kmu pakai :)
    dan aku punya pertanyaan nih (mohon dibalas cepat)

    knead eraser nya kmu beli dimnn ? kira2 harganya brp ?

    soalnya aku ingin memilikinya tapi gak tau mau beli dimn.

    terima kasih ya sebelumnya ^^

  73. eh, rupanya ada pertanyaan sepertiku sebelum ini sudah terjawab hhehehe.

    boleh nanya lagi gak? saya gak punya scanner tapi kepengen kali mau ngepost gambar saya ukuran A3, kira2 gimana ya solusinya menurut kmu ?
    soalnya klu pake hp kamera, warna arsirannya jadi gak jelas -,-

  74. waw…waw…keren bgt tuh pralatannya lengkap……….tp bole ga kita” ngintip dikit karyanya gan…..klo mau kita bertukar pengalaman nih soal gambar….soalnya gw sih ga kuliah seni….aaghterlek.blogspot.com…….

  75. mas…gw salah satu pecinta pencil painting….(cieeee)….tp gw masih kesulitan nemuin penghapus yg enak bgt bwat dipake….sampe2 gw klo ngegambar musti pake 2-3 bentuk penghapus (boros bgt ya…)…….pernah sekali pake kneaded eraser pnya “derwent” (ktnya sih enak buat buat bikin detail+nghapus bagian2 detail) tapi rasanya kurang pol buat ngapus(abis dikit2 bengkok pas pake nghapus)…..jadinya selama ini gw pake penghapus stedler yg aga gede(buat bersihin dasar/bagian yg rada2 gede), penghapus stedler yg kecil, ama penghapus merk “boxy” yg ujungnya gw potong miring jadi ada sudut yg 45 derajat…klo pensil gw rada2 banyak pakenya 6H, HB, 2B, 4B, 6B, 7B, trus pensil pastel “derwent” yg titanium white ama dark black….(boros bgt pencilnya…)

    tlg kasi solusi buat penghapusnya pliiissssss!!!!!!!!!!

  76. cara menngarsir rambut supaya kelihatan nyata bagaimana si mas?
    masalahnya aku kesulitan saat buat detail rambut………dan ada ga cara menghaluskan arsiran kulit?makasih

  77. mau nanya nh, pensil yg warna putih ini apa yah namana?? mohon bantuanna,, heheh ^o^

  78. bang..kalau mau beli peralatan gambar untuk arsitek seperti penggaris (adjustable triangle) dll, diamana ya, saya tinggaol di kelapa gading-jakt utara, thanks> Jimmy

  79. aku mau ikut nimbrung dong
    saya baru mau belajar menggambar hitam putih ni
    kira kira alat-alat buat pemula yang setandar apa aja y

  80. mas klo bli pencil lengkap brapa ya…??? sy tinggal di bontang kaltim nyari pencil 5B aja susah buanget…., merknya sembarang lah pokoknya buaguss…,,

  81. mas kalau alat yang paling enak dipake menggambar sketsa wajah pakai pensil trus paling sedrhana yg gak banayak alatnya yg ga riopuh gmn ya?
    trs biasanya aku suka menggambar pake kertas hvs atau kertas buku gambar gmn tu?
    bagus ga buat gambar???

  82. mas kalau alat yang paling simpel buat gambar tapi hasilnya rapi dan bagus gimana ya?

  83. klo mo beli serbuk conte dmn ya bos…
    saya sudah cari di toko2 alat tulis n gramed susah bgt…!
    thanks

  84. mas febri…saya baru join neh…mo bljr sketsa gbr…boleh tau ga pensil harus punya type/model apa saja buat bisa menghasilkan gbr2 srpti mas febri buat…thanks yach….

  85. mnrutku enak pke pensil hb ma 2b, prnah pke 5b ma 8b kurang pas klo mnrutku. pke EE jg bgus.
    aku pke krtas buku gmbr biasa apakah sjenis ama krtas canson?

  86. Klo toko2 yg jual pnsil ma jenis2 pnghapusx td kira2 d mana boss… Cz q dah lama nyari2 di daerahq samarinda gk da jg yg jualan

  87. Klo toko2 yg jual pnsil ma jenis2 pnghapusx td kira2 d mana boss… Cz q dah lama nyari2 di daerahq samarinda gk da jg yg jualan. Klo ada yg tau tmpat pnjualanx tlng info y guys..

  88. wahh,…mantep bner tips,nya ,..o,ya spertinya banyak alat yg harus dicoba nih,..btw,.kalo selama ini saya pakai pensil faber castel juga,.dan untuk penghapusnya saya pakai faber castel,.tapi untuk bagian yang kecil saya biasanya potong potong penghapusnya pakai cutter,.jadi boros deh,. thanks 4 the tips,.sket saya ada di fb. wayan balikbali

  89. mas.. numpang tanaya dunk, kalau mau beli meja buat arsitek kyak merk rotring dimana ya?

  90. woaa >.<.. makasih dah bantu untuk mencari alat buat menggambar.. karna dri dlu ak cmn pke pensil 2B dan HB ny pensil faber castell sama penghapus boxy.. tapi ngomong2 klo boxy yg bungkusnya warna merah gak apa kan?? di jawab yaa.. nti email ke saya aj.. makasihh..

  91. @hambali :
    Medan.
    mas model penghapus ini Kneaded Eraser ada juga kan di jual di tempat alat-alat lukis, and berapa harga na?…..
    o ya mas bisa gak bagi2 tips cara2 melukis agar hasil lukisan bagus.

  92. assalamualaikum,
    sampean dah pernah ke salatiga gak? aku bingung neh mau nyari alat2 lukis didaerah sini,terutama fixative,kertas canson,
    atau sampean tau didaerah deket sini yang jual alat lukis yg agak lengkap? kalau tau,tolongkasih tau aku.
    makasih.

  93. saya udah bosan menggambar lukisan sketch dgn pensil biasa…..
    saya mau mncoba menggunakan pensil scetch…..
    klw boleh tau….untuk lukisan potrait ,, pensil ini cocok ga…??

  94. Kalo mau beli peralatan gambar yang lengkap sekarang biasanya di toko buku Prapatan jatinegara, atau di toko success kelapa gading, harganya lumayan murah. Buat yang berminat belajar gambar atau mau kuliah gambar desain atau arsitek bisa belajar di sanggar Artistika.

    reply:

    Wah terima kasih banyak mbak/mas atas informasinya. Agar lebih lengkap boleh di-share di sini alamat atau nomor telponnya.

  95. Trimakasih byak yaaa atas info’a saya dr dlu suka gambar tp gak tau pensil/kertas yang ccok :D
    trimakasih byak yaa mas bro

  96. itu saja alatnya????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  97. To Kamilia, my doughter
    This reference will achieve you to develop the technical of yr drawing by pencils. Keep learn by doing yr talent.

  98. salam kenal,,
    mau nanya nih,,,tpi sya boleh knalkan alat2 saya…
    saya dah lama gunakan
    kertas canson drawing pad
    pensil derwent onyx,blender
    lyra 2h-9b
    electric eraser derwent
    knid eraser
    kuas flat
    conte powder pencil
    tortilon
    graphite lyra

    reply:

    Salam kenal ya.
    Wah lengkap juga ya peralatan tempurnya. Kuas flat dipake buat apa tuh?

    ada yang dah biasa dan ahli dalam gambar pakai conte powder+kuas gak?
    sama tortilon sbnernya buat langsung ke pensil/ke conte powder sih?

    makasih :)

    reply:

    Saya belum pernah menggunakan conte powder dan kuas, jadi gak bisa bantu komentar. Mungkin yang lain bisa bantu?

    Kalo tortilon sih bisa dipake langsung ke pensil. Fungsinya kan untuk meratakan arsiran.

  99. beli kneed eraser di bogor dimana ya?tolong dong

    reply:

    Wah kurang tau ya mas. Tapi kneaded eraser ini juga dijual di toko buku besar kok, coba cek ke Gramedia. Jangan cari di bagian stationery, tapi di bagian alat-alat lukis. Lebih jelasnya tanya aja ke pramuniaganya.

  100. kalau di jogja toko yg jual crayon carandas di mana ya????
    terima kasih….

  101. nice info a :)
    saya masih coba – coba buat gambar real, karena biasanya gambar dimana aja seperti hvs, lyra sketchbook, atau tembok yang paling sering haha tapi karena tau kalau paper carson itu cociks banget untuk menggambar jadi penasaran. oh iya a, suka pake batang charcoal ga?

  102. charcoal atau charcoal pencil?charcoal pencin udah pernah nyoba,kertas canson udah pernah juga,masih ada 10 lembar,kertas canson beda sama hvs pori”nya gede dan agak kasar
    klo make charcoal ati” bisa” gambar jdi cemong”

  103. Mau tanya dong! Blending stump sama tortillon beda ya

    Febri:
    Sebenernya fungsinya sama mas, hanya bentuknya beda. Kalo tortillon itu seperti pensil bentuknya, terbuat dari kertas yang digulung2 mirip sebatang rokok, trus ujungnya diraut. Kalo stump itu lebih mirip kain atau tissue.

  104. pengen nanya mas, beda kertas kanson sama kertas ingres apa ya?
    terus fixative yang biasa digunakan pelukis apa sama dengan spray paint warna clear?
    thanks

    Febri:
    Canson itu nama mereknya mas, bukan jenis kertasnya. Kalo kertas ingres saya kurang paham.
    Setahu saya fixative fungsinya sebagai pelindung. Nah, spray paint warna bening ini apakah fungsinya untuk mewarnai?

  105. tisu dan cutton Bud buat apa?? :D
    aku lagi pengen bisa gambar wajah nih, buat temen :)

    Febri:
    Tissue untuk bersihin serpihan2 pensilnya mas, biar kertasnya nggak “clemong” :D
    Cotton bud untuk blending, fungsinya sama seperti tortillon atau stump. Biar arsiran pensilnya halus.

  106. wah menarik sekali review nyaa mas. :D saya juga suka gambar dari kecil, lebih tepat nya selalu tertarik dengan yg berwarna -,- Alhamdulillah sedari kecil ortu g pernah melarang saya buat beli pensil warna, crayon atau oil pastel pdhl mah gak genah apaan yg d gambar *malah tembok sesuka hati d coret2* hihihi terlebih saya slalu suka dgn cerita2 bergambar.. saya ingat betul pewarna yg prtama x ortu hadiah kan kpd saya bkn pensil warna melainkan oil pastel yg bermerek pentel..huaa jadi curhat..inti nya saya bersyukur pny ortu yg mengenalkan saya pada seni >.<

  107. Saya klw mnggmbar sukanya pkai pensil 8B utk bagian” wrna hitam sperti rambutnya dn bagian pinggir” pd garis gambar . saya mnggunakannya secara halus. :D

  108. @Rizki:
    Tergantung mas bro, jika menggunakan kertas selain putih, bisa jadi perlu banget pake pensil warna putih, untuk bikin highlight (cahaya). Tapi kalau saya pribadi waktu menggunakan kertas putih, nggak pernah pake pensil warna putih, cukup pake penghapus aja untuk bikin highlightnya.

  109. @tino:
    Saya nggak punya mas pen eraser merek zebra. Di mana itu belinya?

    BTW saya sudah mampir blog sampeyan. Gimana laris manis? :D

  110. met malam mas febri. meh nanya2 nich…
    q jg hobi nggambar walau kurang bsa gambar.
    gini mas, kmrin sy lhat2 seorng plukis sdang mlukis, beliau mengunakan pensil dan bubuk berwrna hitam buat mewrnai seluruhnya. yang ingin sy tanyakan apa nama bubuk hitam tsb… dan bs sy dptkan dimana. mhon bantuanya

    sjk dlu sy cari tp ga tau namanya…

    mksh…

  111. @hwang:
    cotton bud itu saya pakai untuk blending atau meratakan arsiran pensil.

    teknik dry brush itu teknik melukis pakai kuas yang sudah kering tapi masih ada catnya. Jadi nggak pakai pensil. Cat minyak yg masih nempel di kuas dilukiskan di atas kanvas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s