Tutorial #5 : Membuat sketsa yang akurat

Jumpa lagi di tutorial amatiran ala Febri. Saya telah menjelaskan bagaimana membuat sketsa yang akurat (baca : mirip) dari referensi berupa foto, yaitu dengan menggunakan metode grid. Tutorial lengkapnya dapat dibaca di sini.

Pertanyaannya, apakah ada metode selain gridding untuk memperoleh sketsa yang mirip dengan aslinya? Jawabannya ada.

Salah seorang pelukis pensil di deviantArt yang bernama Nicolien Beerens membuat sebuah tutorial tentang membuat sketsa yang mirip ini (dia menyebutnya dengan “proporsional”), yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. Klik gambar untuk melihat gambar dalam ukuran penuh.
proportions-by-cataclysm-x
Gambar di atas saya ambil dari sini.
Bagi yang tertarik melihat karya-karyanya yang lain silahkan ke sini :
http://cataclysm-x.deviantart.com/gallery/

Nah, menurut Nicolien, ada 5 cara untuk membuat sketsa dengan akurat, yaitu : gridding, line, shape, mirroring, dan free hand.

Metode grid, seperti yang telah saya jelaskan, adalah membuat kotak-kotak pada foto referensi dan kertas gambar. Sementara metode garis (line) adalah membuat garis bantu pada referensi untuk mengetahui jarak atau ukuran objek pada foto referensi secara akurat sehingga dapat digambarkan secara tepat di atas kertas.

Mirip dengan metode garis, metode bentuk (shape) menggunakan bentuk geometri sederhana seperti kotak atau segitiga pada foto referensi. Sedangkan mirroring, biasanya digunakan untuk mengetahui kesalahan proporsi pada gambar yang sudah jadi.

Dalam melukis, saya tidak suka menggunakan metode grid karena merepotkan. Saya lebih suka menggunakan garis bantu. Misalnya pada lukisan Aoi. Saya buat garis bantu pada foto referensi untuk mengetahui jarak atau ukuran antara objek di wajah Aoi seperti gambar di bawah ini.
line-example1

Ups, kalo lagi malas, saya bahkan tidak membuat garis tersebut secara nyata. Saya hanya menggunakan penggaris untuk mengukur jarak antara objek yang akan digambar. Setelah tahu ukuran-ukuran objeknya, saya gambar di atas kertas sesuai dengan ukuran sebenarnya.
line-example2

Dengan demikian sketsa yang dibuat akan akurat. Yang penting harus teliti. Sekian tutorial yang singkat ini, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa.

23 gagasan untuk “Tutorial #5 : Membuat sketsa yang akurat

  1. ampuuuuuun…itu gambaran pensil????(aoi)
    kek gambar beneran
    ck ck ck
    wew nambah elmu lagi neh
    wkwkkwwk makasih feb…banyak nyolong elmu nih
    heuheuehu
    ====
    btw buatin tutorial ttg blending dong, yg pake stump / Tortillon…
    sy tadi coba…tapi jadinya ko malah brantakan

  2. Silahkan curi-curi ilmu. Saya juga banyak mencuri dari artist lain kok.

    Tutorial tentang blending ya? Hmm.. saya sendiri nggak pake stump/tortillon tuh. Soalnya tortillon yang bagus mahal harganya, dan usia pakainya pendek sekali. Kalo membuat stump sendiri, weleh.. hasilnya nggak memuaskan (saya pernah coba soalnya). Jadi selama ini saya nggak memakai teknik blending. Kalau pun terpaksa harus melakukan blending, saya memakai cotton bud atau tisu.

  3. sebenernya bukan cara pake stump/tortilionnya siiy bro…
    gini…waktu itukan febri ngasi buku lee hammond …sy liat gambaran dia rendernya haluus bgt(gambar febri jg),
    sedangkan sy kalo ngerender hasilnya ko ga bisa sehalus itu…pasti aja keliatan ada garis-garisnya…
    hadoh gimana yak ngasi taunya, harus upload gambarnya…ntar de sy coba upload gbr(amatiran hehehe).

  4. Owh gitu.. saya paham sekarang. Jadi masalahnya gimana cara ngerender sehalus itu? Oke nanti ya kita bahas.

  5. Tpi Mas’ kLo Mw GmBr qT Msti ngUkur2 dlu Mz?

    Gak harus juga. Itu tulisannya dibaca lengkap nggak? hehehe. Kan di situ jelas tertulis, untuk mendapatkan sketsa awal yang akurat ada beberapa cara. Salah satu caranya adalah dengan garis (mengukur jarak).

  6. jeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeelek

  7. ilmu adalah amanat, salut buat febri sudah mengamalkan ilmunya, terimakasih bung febri, saya mendapatkan ilmu yang manfaat dari anda

  8. hei salam kenal, aku blogger yang suka membuat sketsa, thanks for share ilmunya, silahkan kunjungi blogku yang isinya tentang sketsa yang aku buat meskipun masih sedikit

  9. aa,

    saya jg pngen bljar tntang..mlukis kedaan kota dgn pensil..
    da tidak blog yg mnerangkan cara”nya..??

    makasi a,,

  10. hiiih… poto yang hitam putih hasil karya Mas? ck ck.. mirip banget. seperti foto asli aja yang di grayscale (percuma dong di gambaar… eh? ehehhe

    emang mas dah belajar gambar dari umur berapa? n berapa kali sehari? (curios…-_-)

  11. Belajar nggambar baru aja kok, sejak tahun 2007 kemarin. Berapa kali sehari? Memangnya minum obat? Hehehe. Sesempatnya aja, kalo lagi luang ya ambil pensil dan kertas.

  12. thankz bRo… sangat mambantu nih!!
    saya lg mo buat sketsa ssoRg.. bLm tau cara2nya sihh!!
    skRg saya lg mncoba, dan sangat membantu saya!!

  13. kalo tekhnik mirroring itu penjelasannya g mana………!!!!!!!!

    reply:

    Teknik mirroring itu dengan membalik kertas (bisa dilakukan dengan melihat di cermin atau discan lalu hasil scannya di-”horizontal flip” memakai program ACDsee atau Photoshop). Tujuannya untuk memeriksa apakah proporsi gambar kita sudah benar. Karena kadang mata kita kurang bisa menangkap detil gambar hanya dari satu sudut pandang. Kalau dibalik, bisa saja ketahuan “wah ternyata mata kirinya gak sama dibanding mata kanan”, misalnya.

  14. bagus blognya, tapi gmn kalo yang kita gambar ada di hp ato di alat elektronik ? harus di print dulu donk? atau pake skala? waaaahhhh… ribet donk… :-)
    semoga ada solusi…

    reply:

    Kalau referensinya ada di HP ya nggak bisa pake cara ini. Kalau di komputer atau laptop masih bisa, gunakan software grafis seperti Adobe Photoshop dan aktifkan grid (kotak-kotak)nya.

    Cara metode grid ini nggak perlu diprint full (seukuran kertas gambar). Foto kecil pun bisa. Tapi pakai skala. Kalau fotonya kecil, gridnya pun jadi kecil.

Tinggalkan Balasan

